Macam-Macam Brainware

>> Senin, 28 Mei 2012



            Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware maupun software. Komponen brainware pada umumnya dibagi dalam bagian yang dapat menunjang adanya internal check yang memadai, yaitu :
1.      Operator Komputer bertanggung jawab untuk mengolah data melalui sistem yang berhubungan dengan komputer. Operator harus mengikuti instruksi yang telah ditetapkan dalam runbook yang telah disusun oelh programmer. Disini perlu adanya pembatasan agar operator tidak dapat memodifikasi program sebelum atau selama program itu berjalan.

2.      Teknisi adalah seorang yang bertanggung jawab untuk maintenance tentang segala jenis permasalahan komputer. Seorang teknisi harus mempunyai pengetahuan luas mengenai troubleshooting dan sebagainya.
3.      Trainer adalah seorang brainware yang mempunyai pengetahiuan yang lebih banyak di banding yang lainnya, dan brainware ini bertanggung jawab untuk mendidik dan mengajar di bidangnya.
4.      Konsultan adalah orang yang bertanggung jawab layaknya seorang penasehat handal dalam bidangnya.
5.      Project manager adalah orang yang bertanggung jawab sebagai pemimpin atau komando di suatu project tertentu, bisa disebut juga sebagai mandor.
6.      Programmer bertugas untuk membuat aplikasi komputer sehinnga dapat memudahkan kinerja manusia melalui program yang telah dibuatnya.
7.      Graphic Designer yaitu orang yang berkecimpung di dunia desagn grafis dan mahir dalam hal membuat objek animasi.
8.      Spesialis Jaringan adalah seorang brainware yang sudah mahir di dunia jarinagan komputer. Bertanggung jawab atas semua hal yang berhunbungan dengan jaringan komputer.
9.      Database Komputer merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap database suatu aplikasi, organisasi dan sejenisnya.
10.  System Analis adalah brainware yang bertanggung jawab untuk mendesain, merancang dan menganalisa suatu program yang akan dibuat maupun sudah jadi. Seorang sistem analisis harus berhati-hati dalam merancang suatu aplikasi agar tidak terjadi kesalahan yang fatal.

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA

......

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP