Pengertian CPU beserta Komponennya

>> Senin, 28 Mei 2012


Pengertian CPU
            CPU adalah central processor unit atau perangkat pengolah atau pemroses komputer, sehingga CPU ini disebut sebagai otak dari komputer. Sedangkan perangkat pengolah atau pemroses data dalam komputer adalah processor atau lengkapnya mikroprocessor, namun umumnya pengguna komputer menyebutnya sebagai CPU (Central Processor Unit).

Komponen-Komponen CPU
1.      Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot uang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem dan lain-lain.


2.      Processor, sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang asa pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

3.      Hard disk adalah sebuah media penyimpanan permanen yang memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat besar bahkan paling besar dibanding denagn perangkat penyimpanan yang lainnya. Letak hard disk bisa berada di dalam (internal) kotak CPU/casing atau di luar (external) casing agar mudah di bawa kemana-mana.


4.      Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. Memori biasanya disebut dengan istilah computer storage, computer memory atau memory, merupakan piranti komputer yang digunakan sebagai media penyimpanan data dan informasi saat menggunakan komputer. Memory merupakan bagian yang terpenting dalam komputer modem dan letaknya di dalam CPU.

5.      VGA Card atau kartu VGA adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer. Hampir semua program menghasilkan keluaran visual, kartu VGA merupakan hardware yang memberikan perinyah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat.


6.      Saound Card atau yang lebih kita kenal dengan kartu suara merupakan suatu komponen yang terdapat dalam PC yang bertugas untuk menunjang fungsi suara dalam PC multimedia. Sound card merupakan periferal yang terhubung ke slot ISA atau PCI pada motherboard, yang memungkinkan komputer untuk memasukkan input, memproses dan menghantarkan data berupa suara. Seperti halnya VGA Card, sound card pun memiliki beragam bentuk, macam dan jenis.

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA

......

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP