PERANGKAT LUNAK MULTIMEDIA (Bagian 1)

>> Senin, 28 Mei 2012


1.    Perangkat Lunak Pengolah Kata
Definisi perangkat lunak pengolah kata (software word processor) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang ada. Dalam sistem operasi berbasis teks seperti DOS kita bisa memanfaatkan peintah copy con untuk membuat file teks, walaupun sifatnya sangat terbatas. Sedangkan dalam sistem operasi GUI seperti Windows, sebenarnya sudah ada notepad dan wordpad yang kemampuannya dalam mengolah kata sudah cukup baik. Namun, karena tuntutan terhadap kebutuhan untuk bekerja dengan teks dan obyek-obyek lain yang semakin komplek akhirnya harus digunakan software yang benar-benar bisa memenuhinya. Saat ini sudah terdapat banyak software pengolah kata yang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat komplek contohnya :

a.       Microsoft Word
b.      Wordstar
c.       WordPerfect
d.      OpenOffice Writer
e.       Kwriter
f.       AmiPro

Ciri khas software pengolah kata secara umum adalah dapat mengolah mulai dari karakter,  kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen. Kemampuan utama software pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting), penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan.

2.    Perangkat Lunak Animasi
Saat ini sudah banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hingga yang komplek, dari yang gratis hingga puluhan juta rupiah. Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokkan menjadi software :

a.        Software Animasi 2 Dimensi
Software animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak dan mengatur waktu, terkadang ada yang mengimport suara. Dari sisi penggunaan umumnya tidak sulit. Contoh software Animasi 2D antara lain :
·         Macromedia Flash
·         Macromedia Director
·         ToonBoom Studio
·         Corel RaVE
·         Swish Max
b.        Software Animasi 3 Dimensi
Software animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi 3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain membuat objek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suaranya, serta masih banyak lagi. Beberapa software 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya untuk animasi figure (manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title (judul), dan lain-lain. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan pengetahuan yang cukup tinggi terkadang rumit. Contoh software animasi 3D ini antara lain :
·         3D Studio Max
·         Maya
·         Poser (Figure Animation)
·         Bryce (Landscape Animation)
·         Cinema 4D
·         Blender (Gratis)
·         Daz3d (Gratis)

3.    Perangkat Lunak Desain Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar page layout. Desain garfis bertujuan untuk menyampaikan inforrmasi atau pesan. Desain grafis diterapkan dalam komunikasi fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yaang dihasilkan (desain atau rancangan). Jassa desain grafis pada awalnya diterapakan untuk media statis, seperti desain kartu nama, buku, majalah, brosur, pembuatan company profile dan desain produk. Sejalan dengan perkembangan zaman, desai grafis juga diterapkan dalam media elektronik yang sering disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design) atau “desain multimedia” (multimedia design). Untuk membuat desain grafis sendiri diperlukan software-software pembuat desain grafis. Contohnya seperti:
·          Adobe Photoshop
·         Corel Draw
·         ACDSee
·         Paint
·         Photopaint

0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOG SAYA

......

  © Blogger template Werd by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP